Darimana Kunang-Kunang Mendapatkan Cahayanya?

Reaksi kimia dalam tubuh kunang-kunang diketahui telah membuat mereka bercahaya. Reaksi ini terjadi ketika oksigen bergabung dengan kalsium , Adenosin Trifosfat (molekul yang mengangkut dan menyimpan energi pada organisme hidup termasuk tubuh manusia), pigmen yang disebut luciferin pada kunang-kunang , dan
enzim luciferase (enzim yang mengkatalisis reaksi ).
Tidak seperti seberkas cahaya bohlam yang menghasilkan panas, cahaya yang dihasilkan kunang-kunang adalah cahaya dingin ( tidak banyak energi yang diubah menjadi panas ). Hal ini diperlukan karena jika organ penghasil cahaya pada kunang-kunang memiliki panas seperti bohlam , kunang-kunang tidak akan "bertahan".
Kunang-kunang mengendalikan awal dan akhir dari reaksi kimia tersebut , dan demikian juga dengan awal dan akhir emisi cahayanya. Hanya dengan menambah oksigen pada zat kimia yang dibutuhkan, ia akan menciptakan cahaya. Ketika oksigen tersedia, "lampu" akan menyala. Ketika oksigen tidak tersedia , "lampu" padam. Bagaimanapun , serangga seperti kunang-kunang tidak memiliki paru-paru. Lalu bagaimana ia memperoleh oksigen ? Kunang-kunang mengangkut oksigen dari luar tubuhnya ke sel interior dalam melalui serangkaian tabung-tabung kecil yang rumit dan dikenal sebagai trakea. Hal yang membuat bingung para ilmuwan adalah beberapa spesies kunang-kunang dapat menghasilkan cahaya dengan cepat sementara telah diketahui bahwa kecepatan otot-otot yang mengangkut kendali oksigen bekerja dengan kecepatan relatif lambat. Para peneliti baru-baru ini mengetahui bahwa gas nitrat oksida memainkan peran penting dalam kontrol cahaya. Singkatnya , bila "lampu" kunang-kunang mati, itu berarti tidak ada nitrat oksida yang diproduksi.
Dalam situasi ini , oksigen yang memasuki organ terikat pada permukaan penghasil energi sel organel yang disebut mitokondria. Dan dengan demikian , oksigen yang telah terikat tadi kecil kemungkinan melanjutkan perjalanannya pada organ cahaya kunang-kunang. Kehadirat nitrat oksida yang mengikat pada mitokondria memungkinkan oksigen mengalir ke organ cahaya untuk melakukan penggabungan dengan bahan kimia lainnya yang dibutuhkan untuk menciptakan reaksi cahaya. Karena nitrat oksida sangat cepat rusak, segera setelah bahan kimia tersebut tidak diproduksi lagi, molekul oksigen untuk yang kesekian kalinya akan terjebak lagi oleh mitokondria , dan dengan demikian cahaya tidak dapat diproduksi pada saat itu.

Diterjemahkan dan disunting dari : scientificamerican.com
Referensi: nerdsens.wordpress.com 

Related Post:

1 komentar:

Tampilkan / Sembunyikan komentar