Galaksi : Apa, dan Berapa Jumlahnya?

Galaksi adalah sebuah sistem yang terdiri dari kumpulan bintang dan benda-benda langit lain , termasuk planet, komet , asteroid , dan debu kosmik medium antar bintang yang terikat bersama oleh gaya yang kita sebut sebagai gravitasi.
Galaksi hadir dalam bentuk dan ukuran yang

berbeda-beda. Dalam hal ini termasuk spiral , barrel-spiral , dan elips.
Kita telah mengenal Bima Sakti ( Milky Way ) sebagai galaksi kita.  Di dalamnya terdapat sistem tata surya termasuk Bumi , tempat kita tinggal. Diameternya sekitar 100.000 tahun cahaya ( 1 tahun cahaya kira-kira sama dengan 10 pangkat 12 kilometer ) , mengandung sekitar 200-400 milyar bintang , dan berbentuk elips.
 

 Di alam semesta, kemungkinan terdapat lebih dari 100 milyar galaksi yang telah teramati , dan sebagian besar dari mereka berdiameter 1000 hingga 100.000 parsec dimana satu dengan yang lainnya terpisah sejauh jutaan parsec ( Parsec adalah satuan yang digunakan dalam astronomi . Klik untuk mengetahui lebih banyak tentang satuan parsec. )
Kita dapat melihat beberapa galaksi tetangga dengan mata telanjang seperti Andromeda. Galaksi spiral ini muncul pada 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit dan nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi .


Selain itu , sebagian besar galaksi diperkirakan memiliki daerah pemusatan massa supermasif ( lubang hitam supermasif ) yang terdapat pada pusatnya.

Referensi: Wikipedia.org 

Related Post: